BAB IIPeluang Usaha Produk Barang/Jasa
pengertian
Peluang dalam bahasa inggris adalah opporrunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen.peluang usaha merupakan kesempatan yang seharusnya diambil oleh seorang wirausaha untuk mendapat keuntungan.Hal pertama yang di butuhkan untuk memulai usaha sendiri dari awal sebuah ide.peluang dari sebuah ide yang di peroleh dari sebuah inspirasi,harus merupakan peluang yang potensial,sehingga dapat di katagorikan sebagai peluang usaha yang baik.
ciri-ciri peluang usaha
1.Orisinil dan Tidak meniru
2.Mengantisipasi perubahan persaingan di pasar dan kebutuhan pasar
3.Sesuai keinginan wirausaha
4.Kelayakan usaha sudah teruji
5.Kreatif dan inovatif
6.Keyakinan bisa mewujudkannya
7.Terdapat rasa senang menjalankan usaha
sumber-sumber peluang usaha
1. Peluang dari diri sendiri
Peluang yang berasal dari diri sendiri terdiri atas tiga macam yaitu:
•Hobi
•Keahlian
•Pengetahuan dan latar pendidikan
2. Peluang dari lingkungan
Banyak peluang usaha yang timbul dari lingkungan,antara lain:
•Usaha orang tua
•Lingkungan rumah
•Kebiasaan
3. Peluang dari perubahan yang terjadi
•perubahan lingkungan
•perubahan peraturan pemerintah
•perubahan teknologi
•perubahan tekanan kerja
•perubahan tingkat kebutuhan
4. Peluang dari konsumen
Suara konsumen yang dapat menciptakan peluang usaha antara lainsebagai berikut.
•saran dan konsumen terhadap barang atau jasa
•keluhan dari konsumen terhadap produk
•permintaan konsumen terhadap barang/jasa
•harapan konsumen terhadap barang dan jasa yang ada ataupun belum ada di pasar.
Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha
1.faktor keberhasilan peluang usaha
Menurut hendro(2006:12),faktor-faktor keberhasilan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut.
a.peluang memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang baik,bukan sekedar ide usaha atau baru sekedar inspirasi saja.
b.peluang itu berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dan usaha yang di jalankan,pasar,serta produk yang di hasilkan.
c.peluang itu memiliki tingkat resiko kegagalan yang kecil bila di jalankan.
2.faktor kegagalan peluang usaha
Menurut hendro(2006:13),faktor-faktor kegagalan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut.
a.peluang itu bersifat jangka pendek karena kebutuhan pasar bersifat musiman dan tidak kontinue.
b.peluang itu sudah kadaluawarsa atau telah ada orang yang memulai usaha tersebut.
c.peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera di ambil keputusan untuk memulainya.
Menganalisis peluang usaha menggunakan analisis SWOT
SWOT merupakan metode yang di gunakan untuk mengevaluasi kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman dalam suatu proyek.
Langkah-langkah penerapan analisis SWOT dalam menganalisis peluang usaha adalah sebagai berikut.
1. Kekuatan(strengths)
Melihat kekuatan yang dimiliki yaitu seperti lokasi yang strategis,sumber-sumber bahan baku yang mudah di dapat,mudah di jangkau oleh konsumen atau pelanggan,dan kekuatan lainnya yang dapat di manfaatkan.
2. Kelemahan(Weaknesses)
Melihat kelemahan yang di miliki agar tidak memaksakan diri melakukan usaha yang sebenarnya tidak dapat dilakukan karena memiliki kekurangan tertentu.
3. Peluang(opportunities)
Melihat keuntungan yang dapat di manfaatkan dan memberikan keuntungan.
4. Ancaman(threats)
Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang beresiko tinggi,memiliki siklus hidup yang pendek dan tidak terukur.
Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
Wirausaha yang kreatif adalah wirausaha yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan di sekitarnya.inovatif merupakan suatu temuan baru yang menyebabkan berdaya gunanya suatu produk atau jasa ke arah yang lebih produktif.peluang usaha harys di berdayakan oleh wirausaha menjadi peluang emas dengan kreatif dan inovatif dengan melakukan cara-cara sebagai berikut.
1. Make modification
2. Make it better
3. Make it the first
4. Make it special products
5. Clonning
6. Subtitusi
0 komentar:
Posting Komentar